Blogger news


Pages

Selasa, 24 September 2013

pengertian akuntansi

pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Banyak sekali para ahli akuntansi yang mendefinisikan makna dari akuntansi dengan argumennya masing-masing yang berbeda, namun  maksud dari mereka semua itu adalah sama. Disini admin akan memberikan makna akuntansi dari berbagai para ahli.

ü    Menurut Warren (2008:10) “Akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.” Pihak-pihak yang berkepentingan itu meliputi kreditor, pemasok, investor, karyawan, pemilik, dan lain-lain. 

ü      Menurut Arens (2003:18) pengertian akuntansi sebagai berikut :
“Proses pencatatan, pengklasifikasian, serta pengikhtisaran kejadian – kejadian ekonomi dengan perlakuan yang logis yang bertujuan menyediakan informasi keuangan, yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.”

ü  Menurut Kieso (2002 : 2), akuntansi bisa didefinisikan secara tepat dengan menjelaskan tiga karakteristik penting dari akuntansi: (1) pengidentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi keuangan tentang (2) entitas ekonomi kepada (3) pemakai yang berkepentingan. Karakteristik-karakteristik ini telah dipakai untuk menjelaskan akuntansi selama beratus-ratus tahun.
 
ü      Menurut Littleton (Muhammad, 2002:10), akuntansi adalah untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Konsep ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.
 
ü     Menurut Abubakar. A & Wibowo (2004) Akuntansi  adalah proses identifikasi, pencatatan dan komunikasi terhadap transaksi ekonomi dari suatu entitas/perusahaan.  

Mungkin masih banyak lagi pengertian akuntansi oleh para ahli yang lain. semoga postingan admin di atas bisa bermanfaat buat kalian.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More